MAN Curup Menumbuhkan Kembali Jiwa Nasionalisme

MAN Curup Menumbuhkan Kembali Jiwa Nasionalisme

Bengkulu (Informasi dan Humas) 2/5- Bagi sebagian masyarakat hari Senin adalah hari pertama dalam satu minggu dimana mereka harus memulai rutinitas yang sempat terhenti selama akhir pekan. Sehingga tak jarang hari Senin dijadikan sebagai titik tolak bagi masyarakat untuk melakukan sebuah pekerjaan.

Bagi sebagian perusahaan hari Senin kerap dijadikan momentum untuk melakukan rapat guna membahas rencana kerja dalam satu minggu, bagi media masa ada yang menjadikan hari senin sebagai waktu untuk membahas rencana liputan. Yang pada dasarnya hari Senin adalah momentum tersendiri di dalam masyarakat pun bagi siswa dan siswi Madrasah Aliyah Negeri Curup.

Setiap hari Senin siswa Madrasah Aliyah siap dengan berseragam lengkap, baju rapi dan memakai peci untuk siswa. Di tengah rutinitas civitas akademik selama satu minggu yang terus berkutat di bawah buku-buku pelajaran, akan ada satu hari di mana mereka diajak untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa-raga mereka untuk merebut kemerdekaan.

Menurut Kepala Madrasah Aliyah Negeri Curup yaitu Bapak Drs. Abdul Munir. M.Pd Pada dasaranya banyak nilai-nilai yang dapat menumbuhkan rasa kecintaan di dalam diri setiap siswa melalui upacara bendera, khususnya rasa nasionalime. Melalui upacara bendera sesungguhnya siswa diajak untuk bersama-sama memahami esensi dari perjuangan para pahlawan. Kita diajak untuk berpanas-panas dibawah terik matahari adalah sebagian kecil dari contoh bagaimana kita diajak untuk ikut merasakan perjuangan para pahlawan.

Pembagian tugas pelaksana upacara yang dilakukan per kelas yang telah disusun oleh Wakil Kesiswaan Melalui Pembina Osis MAN Curup adalah salah satu upaya agar siswa juga memiliki rasa tanggung jawab akan arti kemerdekaan. Melalui upacara bendera siswa juga diajarkan untuk disiplin.

Pada dasarnya upacara bendera adalah salah satu kegaiatan yang perlu dijaga disekolah-sekolah terkusus di Madrasah Aliyah Negeri Curup Dalam waktu kurang lebih 45 menit siswa diajak untuk kembali meerawang sejarah perjuangan bangsa ini.

Penulis : Humas MAN Curup/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :
Lihat Lainya dalam Kategori : Pendidikan Madrasah
Alamat Kantor
  • Kementerian Agama
  • Kantor Wilayah Bengkulu
  • Jl. Jenderal Basuki Rahmat No. 10 Bengkulu 38221
  • Telp. (0736) 21097 21597 344602 28123
  • Fax. (0736) 21597
  • http://bengkulu.kemenag.go.id
  • Email: kanwilbengkulu@kemenag.go.id
Facebook Pages
Twitter