Tumbuhkan Mental Positif, MIN Podok Kelapa Gelar Muhadharoh

Tumbuhkan Mental Positif, MIN Podok Kelapa Gelar Muhadharoh

Bengkulu (Informasi dan Humas) 11/4- Dalam dunia pendidikan kita mengenal tiga ranah kemampuan yang harus dimiliki seorang murid, yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Ketiga ranah kemampuan ini harus dikembangkan secara seimbang pada diri seorang anak didik. Salah satu kegiatan yang diharapkan untuk mengembangkan ketiga ranah kemampuan tersebut adalah kegiatan muhadharoh.

Di MIN Pondok Kelapa kegiatan mohadharoh dilaksanakan setiap hari Jumat pagi. Kegiatan ini melibatkan seluruh murid kelas I s.d. VI dengan cara menetukan wakil-wakil murid dari masing-masing kelas untuk menampilkan kemampunya di bidang masing-masing sesuai dengan yang diberikan oleh guru pembimbing beberapa hari sebelumnya. 

Dalam kegitan ini murid yang ditunjuk menampilkan berbagai kebolehannya (kemampunnya). Ada yang menampilkan hapalan surat-surat pendek Al-Quraan, do’a sehari-hari, becerita, baca puisi dan percakapan dalam bahasa Arab. Dari kegiatan muhadharoh ini kami berharap murid-murid MIN Pondok Kelapa terlatihmentalnya sejak dini untuk berani tampil di depan orang banyak. Sehingga apa bila suatu saat mereka ditunjuk untuk tampil dalam berbagai lomba mewakili madrasahnya, mereka tidak merasa takut dan malu-malu.

Kegiatan ini dilaksanakan selama lebih-kurang tiga puluh menit, yaitu pukul 07.15 – 07.45 WIB. Pelaksanaannya sendiri digelar di halaman sekolah.Dilihat dari efektifitas kegiatannya memang belum berjalan dengan baik. 

Hal ini tidak terlepas dari faktor tempat pelaksanaan yang di luar ruangan, sehingga murid merasa kurang nyaman mengikuti kegiatan dalam posisi berdiri. Untuk itu, ke depan kami berharap ada ruang khusus yang tersedia untuk kegitan seperti ini, misalnya mushalah. 

Penulis : Izhar/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :