Cetak Calon Dai, MTs Qaryatul Jihad Latihan Muhadharah

Cetak Calon Dai, MTs Qaryatul Jihad Latihan Muhadharah

Bengkulu (Informasi dan Humas) 8/4- Antusias siswa MTs Qaryatul Jihad Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah saat mengikuti pelaksanaan Muhadharah (latihan menjadi Da’i) yang dilaksanakan setiap hari Jum’at pagi sangat tinggi, hal ini terlihad dimana siswa-siswi dengan khusuk dan sungguh-sungguh memperhatikan penjelasan guru pembimbing dan penampilan teman-teman yang sudah mendapat giliran tampil terlebih dahulu.

Ada yang berbeda saat pelaksaan Muhadharah yang dilaksanakan hari Jum’at kemarin. Para siswa terlihat sangat antusias meskipun keaadaan lapangan sekolah masih basah karena hujan yang lebat mengguyur Pondok Kubang pada malam harinya. 

Saat lonceng dibunyikan para siswa langsung mengambil tempat masing-masing dan petugas pun langsung bersiap untuk menyampaikan Muhadarahnya dihadapan seluruh siswa. Yang bertugas pada saat itu yakni siswa dari kelas VIII dan tema yang diambil yakni tentang “Ria”. Para siswapun terlihat gembira saat ceramahnya disampaikan.

Selain sebagai sarana siswa untuk mengembangkan ilmu pengetahuannya dalam hal menyampaikan pesan dakwah dengan nada bersahabat, dalam muhadharah ini juga mereka diharuskan untuk kompak dalam satu group sesuai dengan tugas mereka masing-masing. Hal ini seperti yang disampaikan Kepala Sekolah MTs Qaryatul Jihad Ibu Mulyati, S. Pd. I pada Jum’at pagi (4/4). 

Lebih lanjut beliau mengatakan, untuk lebih baiknya program sekolah ini, pelaksanaan Muhadharah harus selalu dievaluasi setiap Minggunya, mulai dari tema yang diambil, isi yang disampaikan serta ketertiban siswa yang menjadi audiensinya. 

Setiap minggunya para siswa mendapat giliran setiap kelas dengan orang yang berbeda. Dalam satu kelompok, ada yang menjadi pembawa acara, penceramah, qoriah, saritilawah, sholawat badriah dan pembaca do’a. Diharapkan kedepannya para siswa mampu menjadi generasi Islami yang bisa mensyiarkan ajaran agama yang bisa diterima di masyarakat.

Penulis : Abdul Azis/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :