TO UN, Sebagian Siswa Masih Salah Isi Data

TO UN, Sebagian Siswa Masih Salah Isi Data

Bengkulu (Informasi dan Humas) 3/4- Beberapa siswa masih salah mengisi data pada Lembar Jawaban Komputer (LJK) ketika mengikuti try out (TO) Ujian Nasional (UN) di MTs Negeri Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah.

Try Out yang dilaksanakan oleh pemerintah provinsi Bengkulu ini berlangsung selama dua hari (1–2 April 2014) dan diikuti oleh 52 orang siswa. 

Meskipun ini adalah try out yang ketigakalinya untuk tahun pembelajaran 2013/2014, namun masih ada siswa yang melakukan kesalahan dalam mengisi data LJK, terutama nama, tanggal lahir dan paket soal yang diujikan.

“Sebagian siswa cenderung menuliskan nama yang mereka yakini sebagai nama asli mereka, padahal nama tersebut berbeda dengan nama yang tertera pada ijazah dan Daftar Nominasi Tetap (DNT) peserta ujian nasional,” ungkap Erlina, Kaur Tata Usaha MTs Negeri Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah

Disamping itu, menurut pengawas ujian, sebagian siswa juga menghitamkan huruf yang tidak sesuai dengan nama mereka. Sementara sebagian lagi sering lupa mengisi paket soal, mata pelajaran yang diujikan atau mengisi tanggal lahir sama dengan tanggal pelaksaan ujian.

Kekeliruan ini terjadi tidak hanya karena siswa mengabaikan arahan dan petunjuk yang telah diberikan pihak sekolah tetapi menurut teman siswa juga disebabkan oleh kebiasaan yang tidak lazim, yaitu menulis atau mengisi data dari belakang.

“Kalau kesalahan ini terbawa kedalam ujian nasional maka ini akan sangat merugikan siswa itu sendiri. Oleh karena itu, pengawas harus benar-benar mengontrol serta membantu mengarahkan siswa pada saat ujian berlangsung,” tegas Mitlanadi, S.Pd, Waka Kesiswaan dan Humas dibalik kekhawatirannya (2/4).

“Dengan demikian, pada saat ujian nasional nanti diharapkan tidak ada lagi siswa yang melakukan kekeliruan,” tambahnya.

Terlepas dari sekelumit kekeliruan yang terjadi, pelaksanaan try out di MTs Negeri Taba Penanjung berjalan lancar tanpa kendala apapun.

Penulis : Ermayanti/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :