Hari Pertama Pelaksanaan UAS Di MAN Seluma Berjalan Lancar

Hari Pertama Pelaksanaan UAS Di MAN Seluma Berjalan Lancar

Bengkulu (Informasi dan Humas) 18/3- Pada hari senin, 17/03/2014 merupakan hari pertama dari sembilan hari yang dijadwalkan (17 sd 26 Meret ) pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) di Madrasah Aliyah Negeri Seluma bagi siswa/siswi MAN Seluma hari pertama pelaksanaan UAS ini dirasa tidak terlalu mengangkan kerena beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 10 sd 12 Maret mereka telah menempuh Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) sehingga suasana ujian terutama psikologi mereka dalam menjawab soal-soal ujian seolah-olah sudah terbiasa, hal ini yang membuat mereka terlihat cukup tenang di ujian akhir sekolah hari pertama ini.

Dalam pelaksanaan ujian kedepan ada 18 mata pelajaran yang harus ditempuh, yang terdiri dari 13 mata pelajaran umum dan 5 mata pelajaran keagamaan. Sehingga memang pelaksanaan UAS di tingkat Madrsah Aliyah memerlukan waktu/jadwal yang lebih lama dibandingkan dengan tingkat SMA pada umumnya, dikarenakan mata pelajaran yang diujikan lebih banyak, dimana untuk tingkat SMA hanya ada 13 mata pelajaran yang diujikan. 

Adapun naskah ujian untuk mata pelajaran umum dibuat oleh MKKS Tingkat SMA/MA/SMK se Kabupaten Seluma dengan melibatkan guru-guru senior untuk setiap mata pelajaran dari seluruh sekolah tingkat SMA/MA/SMK Kabupaten Seluma yang bergabung dalam tim perumus dan pembuat naskah soal yang langsung mendapat SK dari Kepala Dinas Kmenterian Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seluma.

Sebelum pelaksanaan ujian dimulai seluruh siswa baik program IPA maupun IPS dikupulkan depan sekolah untuk diberikan pengarahan dan pembacaan tata tertib bagi peserta ujian sekolah. 

Dalam pengarahannya Kepala MAN Seluma, Nodi Herwansyah, S.Pd.I menyampaikan beberapa hal diantaranya adalah agar siswa-siswi sekalian dapat mengikuti ujian dengan serius dan penuh rasa tanggung jawab, menghindari contek mencontek dengan kawan atau berharap ada kunci jawaban yang beredar. Selanjutnya beliau berpesan agar kesehatan dijaga betul selama menghadapi ujian sekolah tahun ini, terlebih lagi dalam menghadapi Ujian Nasional yang segera akan tiba yakni tanggal 14,15 dan 16 April kedepan

Penulis : Hendri/C**
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :