Tingkatkan Kualitas Ibadah, MTs Qaryatul Jihad Adakan Praktek Ibadah Shalat

Tingkatkan Kualitas Ibadah, MTs Qaryatul Jihad Adakan Praktek Ibadah Shalat

Bengkulu (Informasi dan Humas) 17/3- Madrasah Tsanawiyah Qaryatul Jihad (MTs Qaryatul Jihad) Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah telah melaksanakan kegiatan ujian praktek bagi siswa kelas IX. Mata Pelajaran Fiqih yang diasuh oleh bapak Herwandi, S.Ag, merupakan salah satu guru bidang study senior di MTs Qaryatul Jihad.

Memilih praktek sholat sebagai mata uji di ujian praktek fiqih ini dimaksudkan agar siswa-siswi betul-betul trampil dan mampu melaksanakan shalat yang merupakan ibadah pokok dan salah satu tolok ukur kemampuan siswa dalam melaksanakan ibadah dan mengaplikasikan ilmunya ditengah-tengah masyarakat sebagai cirri khas siswa madrasah yaitu sekolah yang berbasis agama ujar kepala MTs Qaryatul jihad Mulyati, S.Pd.

Dengan memanfaatkan Mushallah sekolah sebagai tempat ujian praktek, siswa kelas IX satu-persatu mempraktekkan sholat Magrib. Ketika dikonfirmasi tentang alasan pemilihan praktek sholat sebagai mata uji ujian praktek fiqih, guru Bidang Study Fiqih Herwandi, S.Ag menuturkan bahwa hal ini dilakukan selain untuk memberikan nilai bagi siswa pada ujian praktek, juga sebagai cara untuk mengevaluasi kegiatan sholat siswa, apakah sudah benar atau belum baik dari segi gerakan ataupun bacaannya.

Sholat adalah tiang agama, maka sholat haruslah dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan syari’at Islam. Jangan sampai siswa-siswi kita di mata masyarakat merupakan jebolan dari sekolah Islam, ternyata tidak bisa melaksanakan sholat dengan baik. 

Oleh karena itu, seraya siswa disuruh untuk memperaktekkan gerakan dan bacaan sholat sesuai dengan rukun sholat, maka apabila terdapat kesalahan dalam bacaan dan gerakan, maka kita akan benahi dan memberikan penjelasan yang benar. ” Ujar pak Doni Herwandi, S.Ag dengan penuh semangat memberikan bimbingan kepada siswa-siswinya.  

Penulis : Herwandi/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :