Dukung Pembangunan, Ka.KUA Semidang Alas Ikuti Musrembangcam

Dukung Pembangunan, Ka.KUA Semidang Alas Ikuti Musrembangcam

Bengkulu (Informasi dan Humas) 10/3-Bertempat di Kantor Camat Kecamatan Semidang Alas 20 Pebruari 2013 pukul 09.00 Wib Kepala KUA Kecamatan semidang alas Marlius Putra, S. Ag mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan tingkat Kecamatan (Musrembangcam). 

Pelaksanaannya dilakukan oleh tim dari Badan Perencanaan Daerah ( Bapedda ) Kabupaten Seluma. Kegiatan ini diikuti unsur Tripika, Anggota DPRD Kabupaten Seluma Dapil Kecamatan Semidang Alas, seluruh Kepala Desa, perwakilan dari tokoh agama dan tokoh masyarakat se-Kecamatan Semidang Alas, dengan menanyakan kepada kepala desa soal rencana pembangunan tahun 2014 dan penjelasan pembangunan 2013 lalu.

Kepala Bapeda Seluma Julian Suherman, M.Si mengatakan setelah dilaksanakan musrembangcam di kecamatan akan dilanjutkan Musrembang tingkat kabupaten. Seluruh masukan dari Kepala Desa dibahas dalam forum Musrembang dan akan di akomodir untuk diwujudkan dalam rencana pembangunan di kabupaten Seluma kedepan. “ Usulan yang disampaikan oleh Kepala desa dan pihat terkait akan dibahas kembali terutama pembangunan yang lebih di prioritaskan pelaksanaannya ,“ jelasnya.

Sementara itu KUA Semidang alas juga diminta untuk memaparkan program kerja tahun 2014 sebagai mitra kerja dan koordinasi lintas sektoral. Marlius Putra, S.Ag selaku Kepala KUA memaparkan bahwa tugas pokok KUA Kecamatan Semidang Alas adalah melaksanakan sebagian tugas Kantor Kemenag Kab. Seluma dalam bidang Urusan Agama Islam diwilayah Kec. Semidang Alas. 

Adapun usulan yang disampaikan ka. KUA antara lain, pengadaan sarana perlengkapan pemandian jenazah yang banyak diusulkan kades, peningkatan honor perangkat agama dan guru ngaji serta pengadaan pakaian adat bagi grup sarafal anam dan calon pengantin menyesuaikan dengan adat istiadat di Kecamatan Semidang Alas.

“KUA merupakan unit terkecil (non-satker) sekaligus ujung tombak dari kementerian Agama yang berada di tingkat kecamatan, Sebagai ujung tombak Kementerian Agama, KUA mengemban tugas dan fungsi untuk melaksanakan sebagian tugas Kantor Kementerian Agama Kota/Kabupaten di bidang Urusan Agama Islam dan membantu pembangunan pemerintah umumnya di bidang keagamaan pada tingkat kecamatan, tugas itu antara lain Melaksanakan pencatatan Nikah dan Rujuk, mengurus dan membina masjid, zakat, wakaf, baitul maal dan ibadah sosial, kependudukan dan pengembangan keluarga sakinah, serta pelaksana manasik Haji ditingkat Kecamatan,” papar Marlius.

Diakhir acara Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Semidang Alas Marlius Putra, S.Ag diminta membacakan doa agar pembangunan Kabupaten Seluma dan Kecamatan Semidang Alas khususnya dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan, setelah pembacaan doa kemudian dilanjutkan dengan acara ramah tamah dengan pejabat dan masyarakat Kecamatan Semidang Alas yang ikut hadir dalam acara ini.

Penulis : Hendri/C**
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :