Kanwil Bengkulu Siap Implementasikan UU Nomor 25 Tahun 2009

Kanwil Bengkulu Siap Implementasikan UU Nomor 25 Tahun 2009

Bengkulu (Informasi dan Humas) 13/2- Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu Siap Implementasikan UU Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik dan Permenpan Dan RB Nomor 36 Tahun 2012 tentang petunjuk teknis penyusunan, penetapan dan penerapan standar pelayanan serta Permenpan dan RB Nomor 38 tahun 2012 tentang pedoman penilaian kinerja unit pelayanan publik. 

Kesiapan itu dikatakan Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, H.Suardi Abbas,SH,MH menanggapi surat edaran Sekjen Kementerian Agama RI Nomor: SJ/B.IV/2/OT.00/296/2014 tetang penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Agama. 

Sesuai dengan edaran tersebut, Suardi Abbas mengaku akan meneruskan edaran tersebut kepada seluruh satuan kerja mulai dari tingkat Kantor Urusan Agama, Madrasah hingga Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dan tentunya akan melakukan perbaikan-pebaikan pada setiap unit kerja pelayanan publik khususnya Kantor Urusan Agama dan pelayanan Haji. 

Untuk itu ia menghimbau kepada seluruh Jajaran Kementerian Agama Kabupaten/Kota khususnya Kepala Satuan Kerja untuk dapat meningkatkan pelayan bublik dengan melakukan perbaikan pada 30 variabel standar pelayanan publik sesuai dengan UU nomor 25 tahun 2009.

Dijelaskanya, 30 Variabel standar pelayanan publik tersebut diantaranya yaitu Persyaratan pelayanan, jangka waktu pelayanan, Biaya/tarif pelayanan, Apakah petugas penyelenggara layanan publik memiliki prosedur pelayanan?, Alur pelayanan, Ruang Tunggu, pendingin ruangan/AC, tempat duduk, ketersediaan jenis pelayanan publik, sarana antrian, toilet, maklumat pelayanan, sistem informasi standar pelayanan, sikap dan prilaku pegawai dalam memberikan pelayanan, pengaduan masyarakat dan kotak saran.

Dengan memberikan pelayanan publik sesuai dengan UU Nomor 25 tahun 2009 tersebut diharapkan tidak ada lagi pelayanan yang bertele-tele dan tentunya harus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sesuai dengan star waktu pelayanan yang dijanjikan. 

"Mudah-mudahan dengan implementasi UU Nomor 25 tahun 2009, akan memeberikan kepuasan kepada masyarakat," pungkasnya. 

Penulis : Jaja
Editor : H.Nopian Gustari

Bagikan :