Ka.KUA Kecamatan Sindang Kelingi Bentuk POKJALUH

Ka.KUA Kecamatan Sindang Kelingi Bentuk POKJALUH

Bengkulu (Informasi dan Humas) 4/2- Pada hari Kamis tanggal 30 Januari 2014, Kepala KUA Kecamatan Sindang Kelingi bentuk kelompok kerja penyuluh (POKJALUH) Agama non PNS.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Urusan Agama Kecamatan Sindang Kelingi pada Pukul 10.30 s/d 12.30 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh Penyuluh Agama Islam Non PNS se-Kecamatan Sindang Kelingi, turut hadir pula Fungsional Penyuluh Agama Islam PNS Drs. Abu Hanifah. 

Untuk meningkatkan pelayanan bidang keagamaan diwilayah Kecamatan Sindang Kelingi Kepala Kantor urusan Agama Samijan, S.Ag, M.HI memandang perlu mengadakan kegiatan Bimbingan dan dakwah agama bagi para penyuluh agama honorer.

Diharapkan dengan adanya bekal kepada Penyuluh Agama Islam Non PNS akan menambah khazanah ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam melaksanaan tugas serta seorang penyuluh harus mampu dan mempunyai kemampuan dan pengalaman yang cukup untuk mentransfer ilmu kepada masyarakat.

Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sindang Kelingi menyadari bahwa peran Fungsional Penyuluh Agama Islam non PNS memang sangat dibutuhkan di masyarakat mengingat jumlah penyuluh agama islam PNS masih terbilang minim. 

Fungsional Penyuluh Agama Islam adalah merupakan salah satu penunjang keberhasilan dakwah di tingkat kecamatan dalam hal pelayanan bidang keagamaan terutama pada masyarakat pedesaan. Untuk itu Fungsional penyuluh agama islam yang ada di Kecamatan perlu diberdayakan, jika penyuluh diberdayakan maka akan sangat membantu tugas dan program-program Kantor Urusan Agama bisa tersampaikan kepada masyarakat.

Untuk lebih memaksimalkan dalam menjalankan tugas-tugasnya tersebut maka Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sindang Kelingi telah membentuk Kelompok Kerja Penyuluh (POKJALUH) sebagai wadah forum kamunikasi Penyuluh di tingkat kecamatan. 

Hal ini disebabkan bahwa Penyuluh Agama Islam non PNS menjadi tulang punggung pengembangan keagamaan dimasyarakat khususnya di Kecamatan Sindang Kelingi. Peran mereka sangat dibutuhkan terutama dalam pengembangan dan pemahaman Al Quran di kalangan masyarakat.

Dengan telah terbentuknya POKJALUH tersebut, kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sindang Kelingi Mengharapkan bahwa syiar Islam semakin semarak dan lebih jauh lagi dapat menekan tingkat kriminalitas dan demi terciptanya masyarakat yang konduksif dan sebagai masyarakat yang damai, aman dan sejahterah lahir dan bathin.

Penulis : Ismail/C


Editor : H.Nopian Gustari

Bagikan :