Lembaga Keagamaan Hindu Gelar Utsawa Dharma Gita IV dan Jambore Pasraman

Lembaga Keagamaan Hindu Gelar Utsawa Dharma Gita IV dan Jambore Pasraman

Bengkulu (Informasi dan Humas) 7/1- Lembaga Keagamaan Hindu Provinsi Bengkulu, belum lama ini menggelar kegiatan Utsawa Dharma Gita IV dan Jambore Pasraman I Tingkat Provinsi Bengkulu di Kabupaten Seluma. 

Pembimas Hindu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Drs.I Made Nasib Mardika,M.Pd menyebutkan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan atas dasar rencana kesepakatan bersama seluruh lembaga keagamaan hindu pada saat Utsawa Dharma Gita III pada tahun 2010 lalu dimana disepakati Kabupaten Seluma sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan Utsawa Dharma Gita IV dan Jambore Pasraman.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari kesepakatan antara seluruh lembaga keagaman hindu dan ditindaklanjuti oleh PHDI Kabupaten seluma dan alhamdulilah acara berlangsung sukses dan dikuti oleh 7 Kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu," ujarnya. 

Lebih lanjut, dijelaskannya bahwa kegiatan Utsawa Dharma Gita atau lomba nyanyian suci keagamaan hindu itu diikuti oleh 210 orang yang merupakan perwakilan dari 7 Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu yaitu Kabupaten Bengkulu Utara, Mukomuko, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Kaur dan Kota Bengkulu. 

Sementara itu peserta jambore Pasraman terdiri dari 86 orang peserta dari 10 Pasraman dari kategori SD, SMP dan SMA dengan cabang lomba yaitu Lomba Kreasi keagamaan hindu, lomba puja tri sandya, lomba panca sembah, lomba asanas, lomba puisi keagamaan, lomba pantun keagaman dan lomba pelafalan doa sehari-hari. 

Kemudian pada jenis lomba utsawa dharma gita IV yaitu Pembacaan Sloka, Pembacanaan Palawakya, Dharma Wacana, Dharma Widya (cerdas cermat), dharma wacana Bahasa inggris dan Menghafal Sloka terbanyak. 

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan itu diantaranya adalah untuk meningkatkan pemahaman, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan nilai nilai ajaran dala kita suci agama hindu (WEDA) dan sebagai ajang seleksi di Provinsi Bengkulu untuk mempersiapakan kontingen dalam mengikuti even ustawa dharma gita XII tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada tahun 2014. 

Penulis : Jaja


Editor : H.Nopian Gustari

Bagikan :