Ka.Kanwil Kemenag Bengkulu Ikuti Gerak Jalan Kerukunan Umat Beragama

Ka.Kanwil Kemenag Bengkulu Ikuti Gerak Jalan Kerukunan Umat Beragama

Bengkulu (Informasi dan Humas) 6/1- Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, H.Suardi Abbas,SH,MH bersama Kepala Bagian Tata Usaha (TU) serta Kasubbag Informasi dan Humas ikuti gerak jalan Kerukunan umat beragama yang dilaksanakan Kementerian Agama RI di Silangan Monas Jakarta, Minggu (5/1). 

Gerak jalan tersebut, dibuka dan diikuti oleh Wakil Presiden Boediono, di dampingi isteri serta Menteri Agama RI Suryadharma Ali, Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz, para Dirjen di lingkungan Kementrian Agama, para tokoh lintas agama, serta undangan lainnya.

Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Bengkulu, H.Nopian Gustari JH,M.Pd.I menyebutkan bahwa animo masyarakat dari berbagai kelompok untuk mengikuti gerak jalan tersebut sangat luar biasa dengan diikuti oleh sekitar 130 ribu warga ibukota dan sekitarnya dari berbagai lintas agama. 

Dengan peserta sebanyak itu, dikatakan Nopian, MURI telah mencatat sebagai peserta gerak jalan santai terbanyak dengan peserta dari seluruh kelompok umat beragama di Indonesia. Mulai dari kelompok umat beragama Islam, Katholik, Kristen, Hindu, Budha, hingga Konghucu.

Selain itu, dalam kesempatan itu juga Menteri Agama RI, Suryadharma Ali  mencanangkan setiap tanggal 3 Januari sebagai Hari Kerukunan Nasional (HKN). Pencanangan HKN ini seiring dengan pelaksanaan Gerak Jalan Kerukunan.

Menag mengatakan, HKN bertujuan untuk menggelorakan semangat kerukunan dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyadari bahwa kita semua tidak boleh lalai dengan ancaman yang menggangu kerukunan. Gangguan itu berasal dari benih-benih pertentangan dan kesenjangan dalam masyarakat yang berpotensi menimbulkan konflik dan perpecahan. 

Sementara itu, Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, H.Suardi Abbas,SH,MH ketika dikonfirmasi menyebutkan bahwa pelaksanaan Gerak Jalan Kerukunan Umat Beragama berlangsung sukses dan mampu menyedot ratusan ribu orang, untuk itu ia berharap hal semacam itu juga dapat dilaksanakan di Provinsi Bengkulu. 

“Mudah-mudahan animo masyarakat untuk mengikuti gerak jalan kerukunan umat beragama di Provinsi Bengkulu juga tinggi dan tentunya yang paling penting adalah makna dari gerak jalan santai ini yaitu memelihara kerukunan umat beragama,” tuturnya. 

Provinsi Bengkulu dijadwalkan akan menggelar gerak jalan Kerukunan Umat Beragama pada tanggal 8 Februari 2014 mendatang atau bertepatan dengan pelaksananan Hari Pers Nasional (HPN).

Penulis : Harry

Editor : H.Nopian Gustari

Bagikan :