PENGUATAN TATA LAKSANA (RB)

A. Peta Proses Bisnis dan Standar Operasional Prosedur (SOP) (2.5%)

1.

Menyusun peta proses bisnis yang sesuai dengan tugas dan fungsi serta mengacu pada Peta Proses Bisnis Kementerian Agama yangtelah ditetapkan

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

2.

Peta Proses Bisnis sudah dijabarkan ke dalam Standar OperasionalProsedur (SOP) yang telah ditetapkan

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

3.

Melakukan evaluasi penerapan SOP sesuai dengan perkembangan tuntutan efisiensi, dan efektivitas birokrasi.

 

2020

  •  Proses update dan evaluasi SOP Kanwil Kemenag Bengkulu (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

4.

Melakukan evaluasi Peta Proses Bisnis sesuai dengan perkembangan tuntutan efisiensi, dan efektivitas birokrasi

 

2020

  •  Dokumen Evaluasi Peta Proses Bisnis Kanwil Kemenag Bengkulu (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

5.

Membuat rekomendasi hasil evaluasi Peta Proses Bisnis dan SOP serta menindaklanjuti rekomendasi

 

2020

  •  Dokumen Rekomendasi Hasil Evaluasi Peta Proses Bisnis dan SOP Kanwil Kemenag Bengkulu (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

B. Pengelolaan Kearsipan (5%

1.

Melakukan sosialisasi kearsipan sesuai dengan regulasi Kearsipan

 

2020

  •  Dokumen Sosialisasi Kearsipan (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

2.

Implementasi regulasi tentang Kearsipan

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

3.

Melakukan pengelolaan arsip dinamis yang terdiri dari arsip vital,arsip aktif dan arsip inaktif agar tertata dan mudah diaksed

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

4.

Melakukan pengelolaan arsip statis yang memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis retensinya, dan berketerangan dipermanenkan sehingga dapat diverifikasi keabsahannya oleh ArsipNasional Republik Indonesia (ANRI)/lembaga kearsipan untukdijadikan dokumentasi arsip negara

 

2020

 -

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

5.

Menyusun indeks dokumentasi arsip yang lengkap dalam informasidatabase yang mudah dan informatif

 

2020

 -

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

6.

Mengintegrasikan arsip ke dalam sebuah Sistem Digitalisasi Kearsipan.

 

2020

 -

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

7.

Meningkatkan sarana dan prasarana pendukung kearsipan

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

8.

Meningkatkan penguatan kompetensi Sumber Daya Manusia yangberhubungan dengan kearsipan terkait dengan manajemenkearsipan.

 

2020

  •  SK JFT Kearsipan (on proses)
  • Laporan Diklat Arsiparis (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

9.

Melakukan evaluasi pelaksanaan pengelolaan arsip

 

2020

  •  Dokumen Evaluasi Pengelolaan Arsip Kanwil Kemenag Bengkulu (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

10.

Membuat laporan rekomendasi terkait dengan hasil pelaksanaan evaluasi pelaksanaan pengelolaan arsip

 

2020

  •  Laporan Rekomendasi Pengelolaan Arsip (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

C. Keterbukaan Informasi Publik (5%)

1.

Mengoptimalkan peran Pengelola Informasi dan Dokumentasi dalam menyediakan, memberikan dan/atau menerbitkan informasi publik yang akurat, benar, dan tidak menyesatkan terkait dengan pelayanan dan kinerja Kementerian Agama

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

2.

Melakukan sosialisasi regulasi tentang Keterbukaan Informasi Publik

 

2020

  •  Sosialiasi dan Publikasi regulasi Pada Website (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

3.

Implementasi regulasi tentang Keterbukaan Informasi Publik

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

4.

Melakukan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan implementasiregulasi tentang Keterbukaan Informasi Publik sehingga dapat dihasilkan layanan informasi publik yang berkualitas sesuai harapandan kebutuhan stakeholder (pengguna Informasi)

 

2020

  •  Dokumen Monitoring dan Evaluasi Implementasi Keterbukaan Informasi Publik (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

5.

Membuat rekomendasi berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan implementasi regulasi tentang Keterbukaan Informasi Publik

 

2020

  •  Dokumen/Rekomendasi Implementasi Keterbukaan Informasi Publik (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

6.

Memaksimalkan dan mengefektifkan peran Humas dalam menginformasikan kinerja Kementerian Agama kepada publik melalui media sosial seperti website, facebook, twitter, instagram, youtube dan lainnya.

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

7.

Menghimpun aspirasi harapan masyarakat terhadap pelayanandengan melakukan audiensi dengan masyarakat

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

8.

Menindaklanjuti hasil audiensi dengan masyarakat dengan membuat laporan hasil pelaksanaan audiens

 

2020

Dokumen/Laporan Forum Komunikasi Publik (FKP)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

9.

Membentuk Ministry Of Religious Affairs (MORA) Cyber Team padatingkat satker untuk menanamkan kepercayaan/meyakinkanmasyarakat akan kecakapan, kejujuran, pengabdian serta kinerjaaparatur Kementerian Agama sebagai pelaksana public servic

 

2020

 -

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

10.

Mengoptimalkan peran MORA Cyber Team pada tingkat satkerdalam menanggapi dan menyampaikan informasi terkini pada mediasosial dalam rangka meningkatkan opini positif citra KementerianAgama di masyarakat

 

2020

 -

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

D. e-Government (2.5%

1.

Memiliki rencana pengembangan e-government dalam upaya untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi,akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

2.

Melakukan pemetaan jenis-jenis aplikasi yang mendukung tugas dan fungsi berdasarkan jenis output aplikasi tersebut (aplikasi yang berkaitan dengan administrasi, kinerja, layanan internal dan eskternal).

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

3.

Mengidentifikasikan jenis aplikasi yang akan dan sudah di kembangkan dengan prinsip-prinsip spesifik, terukur, dan realistissesuai dengan tugas dan fungsinya

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

4.

Mengembangkan sistem layanan yang sudah menggunakan teknologi informasi agar dapat terintegrasi antara satu dengan yang lain, sehingga prosedur pemberian layanan dapat dilakukan lebih efektif, sederhana, mudah, dan cepat

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

5.

Mengintegrasikan aplikasi berdasarkan hasil pemetaan dani dentifikasi berdasarkan jenis output aplikasi (aplikasi yang berkaitandengan administrasi, kinerja, layanan internal dan eskternal

 

2020

 -

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

E. Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) (1%)

1.

Melakukan implementasi dan evaluasi penggunaan LPSE

 

2020

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

2.

Melakukan pengembangan kompetensi SDM yang berkaitan denganpenggunaan LPSE agar lebih meningkatkan efisiensi, efektivitas,mutu, dan transparansi dalam pelaksanaan pengadaan barang danjasa.

 

2020

  •  Dokumentasi Kegiatan Peningkatan Kompetensi LPSE (on proses)

 

2021

 

 

2022

 

 

2023

 

 

2024

 

Sumber : Subbag Ortala dan KUB