A. Peta Proses Bisnis dan Standar Operasional Prosedur (SOP) (2.5%) |
||
1. |
Menyusun peta proses bisnis yang sesuai dengan tugas dan fungsi serta mengacu pada Peta Proses Bisnis Kementerian Agama yangtelah ditetapkan |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
2. |
Peta Proses Bisnis sudah dijabarkan ke dalam Standar OperasionalProsedur (SOP) yang telah ditetapkan |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
3. |
Melakukan evaluasi penerapan SOP sesuai dengan perkembangan tuntutan efisiensi, dan efektivitas birokrasi. |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
4. |
Melakukan evaluasi Peta Proses Bisnis sesuai dengan perkembangan tuntutan efisiensi, dan efektivitas birokrasi |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
5. |
Membuat rekomendasi hasil evaluasi Peta Proses Bisnis dan SOP serta menindaklanjuti rekomendasi |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
B. Pengelolaan Kearsipan (5% |
||
1. |
Melakukan sosialisasi kearsipan sesuai dengan regulasi Kearsipan |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
2. |
Implementasi regulasi tentang Kearsipan |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
3. |
Melakukan pengelolaan arsip dinamis yang terdiri dari arsip vital,arsip aktif dan arsip inaktif agar tertata dan mudah diaksed |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
4. |
Melakukan pengelolaan arsip statis yang memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis retensinya, dan berketerangan dipermanenkan sehingga dapat diverifikasi keabsahannya oleh ArsipNasional Republik Indonesia (ANRI)/lembaga kearsipan untukdijadikan dokumentasi arsip negara |
|
|
2020 |
- |
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
5. |
Menyusun indeks dokumentasi arsip yang lengkap dalam informasidatabase yang mudah dan informatif |
|
|
2020 |
- |
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
6. |
Mengintegrasikan arsip ke dalam sebuah Sistem Digitalisasi Kearsipan. |
|
|
2020 |
- |
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
7. |
Meningkatkan sarana dan prasarana pendukung kearsipan |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
8. |
Meningkatkan penguatan kompetensi Sumber Daya Manusia yangberhubungan dengan kearsipan terkait dengan manajemenkearsipan. |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
9. |
Melakukan evaluasi pelaksanaan pengelolaan arsip |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
10. |
Membuat laporan rekomendasi terkait dengan hasil pelaksanaan evaluasi pelaksanaan pengelolaan arsip |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
C. Keterbukaan Informasi Publik (5%) |
||
1. |
Mengoptimalkan peran Pengelola Informasi dan Dokumentasi dalam menyediakan, memberikan dan/atau menerbitkan informasi publik yang akurat, benar, dan tidak menyesatkan terkait dengan pelayanan dan kinerja Kementerian Agama |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
2. |
Melakukan sosialisasi regulasi tentang Keterbukaan Informasi Publik |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
3. |
Implementasi regulasi tentang Keterbukaan Informasi Publik |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
4. |
Melakukan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan implementasiregulasi tentang Keterbukaan Informasi Publik sehingga dapat dihasilkan layanan informasi publik yang berkualitas sesuai harapandan kebutuhan stakeholder (pengguna Informasi) |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
5. |
Membuat rekomendasi berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan implementasi regulasi tentang Keterbukaan Informasi Publik |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
6. |
Memaksimalkan dan mengefektifkan peran Humas dalam menginformasikan kinerja Kementerian Agama kepada publik melalui media sosial seperti website, facebook, twitter, instagram, youtube dan lainnya. |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
7. |
Menghimpun aspirasi harapan masyarakat terhadap pelayanandengan melakukan audiensi dengan masyarakat |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
8. |
Menindaklanjuti hasil audiensi dengan masyarakat dengan membuat laporan hasil pelaksanaan audiens |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
9. |
Membentuk Ministry Of Religious Affairs (MORA) Cyber Team padatingkat satker untuk menanamkan kepercayaan/meyakinkanmasyarakat akan kecakapan, kejujuran, pengabdian serta kinerjaaparatur Kementerian Agama sebagai pelaksana public servic |
|
|
2020 |
- |
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
10. |
Mengoptimalkan peran MORA Cyber Team pada tingkat satkerdalam menanggapi dan menyampaikan informasi terkini pada mediasosial dalam rangka meningkatkan opini positif citra KementerianAgama di masyarakat |
|
|
2020 |
- |
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
D. e-Government (2.5% |
||
1. |
Memiliki rencana pengembangan e-government dalam upaya untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi,akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
2. |
Melakukan pemetaan jenis-jenis aplikasi yang mendukung tugas dan fungsi berdasarkan jenis output aplikasi tersebut (aplikasi yang berkaitan dengan administrasi, kinerja, layanan internal dan eskternal). |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
3. |
Mengidentifikasikan jenis aplikasi yang akan dan sudah di kembangkan dengan prinsip-prinsip spesifik, terukur, dan realistissesuai dengan tugas dan fungsinya |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
4. |
Mengembangkan sistem layanan yang sudah menggunakan teknologi informasi agar dapat terintegrasi antara satu dengan yang lain, sehingga prosedur pemberian layanan dapat dilakukan lebih efektif, sederhana, mudah, dan cepat |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
5. |
Mengintegrasikan aplikasi berdasarkan hasil pemetaan dani dentifikasi berdasarkan jenis output aplikasi (aplikasi yang berkaitandengan administrasi, kinerja, layanan internal dan eskternal |
|
|
2020 |
- |
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
E. Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) (1%) |
||
1. |
Melakukan implementasi dan evaluasi penggunaan LPSE |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
2. |
Melakukan pengembangan kompetensi SDM yang berkaitan denganpenggunaan LPSE agar lebih meningkatkan efisiensi, efektivitas,mutu, dan transparansi dalam pelaksanaan pengadaan barang danjasa. |
|
|
2020 |
|
|
2021 |
|
|
2022 |
|
|
2023 |
|
|
2024 |
|
Sumber : Subbag Ortala dan KUB