BEBERAPA PROSEDUR/PERIZINAN YANG TERKAIT DENGAN KEMENTERIAN AGAMA

Berikut ini kami sampaikan beberapa prosedur/perizinan yang secara langsung atau tidak langsung terkait dengan Kementerian Agama: :

  1. Prosedur Pendirian Rumah Ibadah (Pada Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri tersebut prosedur/perizinan pendirian ibadah berada pada Bab IV,V dan Bab VI)
  2. KMA Nomor. 175 Tahun 2010 Tantang Pemberian Tugas Belajar dan Izin Belajar Bagi Pegawai Negeri Sipil Dilingkungan Kementerian Agama (Terkait Kemungkinan Adanya Perubahan Kebijakan Sebaiknya Saudara langsung menhubungi Bidang Ortala dan Kepegawaian untuk ketentuan dan pengajuan izin belajar)
  3. Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 5877 Tahun 2014 Tentang Pedoman Izin Operasional Pondok Pesantren ( Unduh Disini )
  4. Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 1385 Tahun 2014 Tentang Juknis Pendirian Madrasah Yang diselenggarakan oleh Masyarakat ( Unduh Disini )
  5. Syarat dan Prosedur Perpanjangan Izin KBIH ( Unduh Disini )
  6. Surat Edaran Sekjen Kemenag Tentang Pemutihan Tugas Atau Izin Belajar Bagi Pegawai Negeri Sipil Kemenag ( Unduh Disini )
  7. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3069 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Izin Pendirian, Perubahan Dan Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Unduh Disini )

 
 Semoga informasi yang kami sampaikan dapat memberikan manfaat bagi kita semua, dan semoga dipergunakan untuk memperkaya keilmuan serta kemaslahatan umat. Jika saudara mengalami keraguan saudara bisa langsung datang ke Kantor Kementerian Agama dimana saudara berdomisi.