Selasa, 5 Maret 2013, 05:11 –
Junni Muslimin: Toleransi Kunci Kerukunan Umat Beragama

Bengkulu (Informasi dan Humas) 4/3 – Sikap dan rasa toleransi yang tinggi menjadi kunci terwujudnya kerukunan antar umat beragama di Provinsi Bengkulu, kata Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), H.Junni Muslimin,S.Ag,MA saat memberikan sambutan dalam acara Sarasehan FKUB, yang dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Kabupaten Benteng, perwakilan Polri, Perwakilan TNI, Kepala Kemenag Kabupaten Benteng, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama dari sepuluh Kecamatan yang ada di Kabupaten Benteng, Kamis (28/3).

Menurut Junni Muslimin yang juga Kasubbag Hukum dan KUB Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, kerukunan antara umat beragama yang selama ini terpupuk dengan baik di Provinsi Bengkulu itu berkat tingginya rasa tolerasi masyarakat Bengkulu akan keberagamaan dan hak dalam beribadah dan menganut kepercayaan.

“Saya kira sesuai dengan tema sarasehan kita hari ini, kunci dari terciptanya kerukunnan adalah sikap torelansi,” ujarnya.

Namun, menurut dia untuk terus memupuk sikap toleransi masyarakat Bengkulu terkhusus masyarakat Kabupaten Benteng perlu adanya peran serta pemerintah melalui Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sebagai organisasi independen yang menfasilitasi segala permasalahan dan keluhan masyarakat terkait stabilitas kerukunan umat beragama yang selama ini menjadi program prioritas pemerintah (Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri-red).

“Tugas FKUB sangat berat jika tidak didukung oleh seluruh elemen masyarakat, pemerintah dan tokoh agama,” tegasnya. Terkait hal itu, maka sangat perlu dilakukan pertemuan, diskusi serta sarasehan secara rutin karena sesuai dengan tugas pokok FKUB adalah, pertama melakukan dialog dengan pemuka agama dan tokoh masyarakat, kedua Menampung Aspirasi Ormas Keagamaan dan Aspirasi Masyarakat, ketiga menyalurkan aspirasi ormas keagamaan dan masyarakat dalam bentuk rekomendasi sebagai bahan kebijakan Bupati, keempat melakukan sosialisasi Peraturan Perundang-undangan dan kebijakan di bidang keagamaan dan pemberdayaan Masyarakat dan terakhir memberikan rekomendasi tertulis atas permohonan pendirian rumah ibadah.

Selain sebagai tugas pokok FKUB, sarasehan yang digelar juga sebagai agenda Silaturrahmi /Sosialisasi /perkenalan pengurus FKUB dengan tokoh agama dan tokoh masyarkat serta merajut ukhuwah guna tercipta dan terpeliharanyanya kerukunan umat beragama di Kabupaten Benteng.

Kegiatan Sarasehan ini dilaksanakan oleh FKUB bekerjasama dengan Kesbangpollinmas Kabupaten Benteng dan Pemerintah Daerah Kabupaten Benteng yang merupakan tindak lanjut dari surat keputusan Bupati Benteng Nomor 395 tanggal 17 Desember 2012 tentang pembentukan pengurus dan dewan penasehat FKUB Kabupaten Benteng.

Penulis:JajaEditor :H.Nopian Gustari.

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.060014 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.68
Jumlah pengunjung: 653316
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.